Social Icons

Pages

Tuesday, December 6, 2011

Legenda Monyet Pura Bukit Sari

Sangeh di Bali adalah sebuah desa tempat berdirinya Pura Bukit Sari yang dibangun pada abad ke-17 Masehi. Di lingkungan pura ini banyak berkeliaran monyet-monyet yang sangat jinak.

Legenda Monyet Pura Bukit Sari
Pengunjung dilarang memegang monyet meskipun pengunjung tiba-tiba didekati monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar Pura Bukit Sari. Asytar Daffa/detikcom.



Legenda Monyet Pura Bukit Sari
Berdasarkan legenda setempat, pura Bukit Sari dan monyet-monyet yang berkuasa di sana adalah bagian dari gunung Mahameru yang terjatuh saat dipindahkan oleh Hanoman (tokoh monyet putih dalam epos Ramayana). Kisah lain mengatakan bahwa monyet-monyet tersebut merupakan penjelmaan dari Prajurit Putri. Asytar Daffa/detikcom.


Legenda Monyet Pura Bukit Sari
Seorang pengunjung tengah disapa oleh monyet dengan menaiki tubuhnya. Seperti layaknya manusia monyet-monyet penghuni obyek wisata Sangeh yang terletak sekitar 20 Km dari Denpasar ini terbagi menjadi tiga banjar (kelompok), yaitu Timur, Tengah, dan Barat dan setiap banjar (kelompok) memiliki pemimpinnya masing-masing. Asytar Daffa/detikcom.



Legenda Monyet Pura Bukit Sari
Penjaga Pura Bukit Sari tengah memberikan makanan kepada monyet-monyet yang berkeliaran. Asytar Daffa/detikcom.



Legenda Monyet Pura Bukit Sari
Di pintu masuk Pura Bukit Sari, berdiri kokoh patung Hanoman dalam kisah Ramayana. Populasi monyet di Pura Bukit Sari hingga kini mencapai 600 monyet. Asytar Daffa/detikcom.




sumber :http://foto.detik.com/readfoto/2011/12/06/142205/1784041/157/5/

No comments:

Post a Comment